Home / Agama / Bisnis / Budaya / Daerah / Ekonomi / Energi / Finansial / Industri / Nasional / News / Pendidikan / Peristiwa / UMKM

Sunday, 28 January 2024 - 00:00 WIB

Dr.H.HERMANTO, SE, MM Mendorong dan Apresiasi Kegiatan KANINDO yang digagas oleh DPW IKATIP Sumbar

Padang SINYALNEWS.COM — Bapak Dr.H.HERMANTO, SE, MM calon anggota DPR RI Nomor Urut 2 dari partai PKS Daerah Pilihan Sumbar 1 sangat mengapresiasi progra yang dijalankan oleh KANINDO (Kreativita Anak Nagari Indonsia) dalam membangkitkan perekonomian masyarakat Petani Rotan dan Manau di Sumatera Barat. Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Hermanto saat makan malam bersama Itra Susanto dan kawan – kawan yang didampingi Darman mtc selaku ketua DPW IKATIP Sumbar, Jumat 26 Januari 2024 di Rumah Makan Soto Mama samping Seroja Printing Sumbar.

Dr.H.HERMANTO, SE, MM menjelaskan bahwa program yang digagas oleh DPW IKATIP Sumbar ini adalah sejalan dengan tugas saya sebagai Anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi PKS yang membidangi Pertanian, Peternakan, Perkebunan Kelautan , Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta Bulog, dan telah banyak program ini yang perjuangkan untuk masyarakat Sumatera Barat, tetapi belum tereksekusi seperti yang diharapkan,ulas Hermanto.
Kita sangat membutuhkan ide dan pola pikir yang dicetuskan KANINDO ini, Tidak akan bisa maju perekonomian IKM UMKM Sumatra Barat dengan hanya memberikan program Sosialisasi, Pelatihan dan Bimtek, atau bantuan peralatan maupun modal usaha terhadap aktifitas masyarakat dalam bidang industri kreatif jika hilirnya tidak ditemukan.

Baca Juga :  Apel Gabungan, Satpol P3KP Edukasi PK5 Tak Boleh Berjualan di Alun-Alun

Hermanto menambahkan, sebagai apresiasinya terhadap gerakan KANINDO terhadap petani untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Sumatera Barat, Saya akan memberikan program binaan dan bantuan bibit tanaman rotan dan manau terhadap petani yang dibina oleh KANINDO, bahkan tanaman pokat, durian dan manggis, serta jambu madu jika petani yang dibina KANINDO membutuhkan, dengan semangat Hermanto.

Suhadi Gale Juru bicara KANINDO menjelaskan bahwa Itra Susanto sabagai Pemantik kegiatan KANINDO ini di dasari oleh pemikiran DPW IKATIP Sumbar bagaimana Alumni IKATIP bisa mengabdi ikut serta melakukan kegiatan ilmu terapan untuk membangkitkan Kerajinan Industri Kreatif tentang Rotan dan Manau serta berbahan kayu untuk dapat diekspor langsung dari Sumatera Barat, sehingga kita sudah ambil andil untuk membantu pemerintah dalam membangkitkan perekonomian masyarakat Sumatera Barat.

Baca Juga :  Tim Penyidik Kejagung Periksa Saksi Dugaan Korupsi di PLN

Intra Susanto menambahkan bahwa, Kita dengan kawan – kawan IKATIP didampingi Ketua DPW IKATIP Sumbar Darman mtc sudah melakukan braindstorming ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera, bahkan mendapat dukungan positif dari Bapak Novrial Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat, hingga diminta untuk menjadi Narasumber pada Podcast Batandang Peringad, yang akan di tayangkan melalui you tube Batandang Perindag dalam waktu dekat ini ,ulas itra susanto.

Darman MTC menyampaikan, bahwa kegiatan yang digagas ini sudah dikaji dari 5 tahun yang lampau, bagaimana rotan sebagai bahan baku industri kreatif di daerah jawa dapat kita lakukan di Sumatera Barat dan produknya kita olah dengan kualitas yang cocok untuk exsport, sehingga Sumatera Barat bisa dilirik oleh buyer dari Eropah dan Amerika. karena produk kreatif rotan dan manau merupakan produk bernuansa alam dan menjadi selera pasarnya adalah orang-orang Eropa, tambah ketua DPW IKATIP Sumbar.

(P-sgm)

Share :

Baca Juga

Nasional

Desa Karangjati Sebagai Pilot Projek Forum Konsultasi Publik (FKP)

Daerah

Sertu Tofik Laksanakan Pendampingan Bantuan Pangan di Aula Kantor Desa Sampang 

Agama

Satlinmas Pol PP Kota Padang Evakuasi Pohon Tumbang Yang Menghambat Akses Jalan   

Hukum

GBC Malindo ke-43, Menhan Prabowo Sampaikan Capaian Penting Kerja Sama RI-Malaysia

Budaya

Gubernur Mahyeldi Apresiasi Kelompok Kerja Bayang Bungo Indah Ciptakan Usaha Sirup Buah Pala

Internasional

Menhan Prabowo Gelar Simposium Geopolitik & Geostrategis, Hadirkan Para Praktisi

Daerah

Walikota Padang Hendri Septa Lantik 5 Kepala OPD, Camat dan Puluhan ASN Eselon 3, Pagara, S.STP Jabat Camat Padang Barat

Agama

Pimpin Apel Hari Santri Gubernur Mahyeldi Ingin Santri Turut Berperan Wujudkan Indonesia Emas