Home / News

Wednesday, 1 February 2023 - 06:35 WIB

Pengakuan Korban Percobaan Penculikan Siswi Sekolah Dasar di Gurun Laweh Lubuk Begalung. Ini Faktanya !

Padang, Sinyalnews.com,- Karena malas pergi ke sekolah, gadis kecil kelas 5 SD ini merekayasa suatu kejadian, yakni percobaan penculikan. Hal itu terungkap saat ZMR (12) diperiksa sebagai saksi terkait percobaan penculikan anak yang sempat membuat heboh warga kota Padang.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, publik kota Padang khususnya dan Sumatra Barat umumnya Senin (30/1/2023) kemaren dihebohkan dengan berita dugaan percobaan penculikan terhadap salah seorang murid SD di Lubuk Begalung (Lubeg), Kota Padang.

Berita tersebut sontak menjadi cerita heboh di tengah masyarakat. Namun siapa sangka ternyata dugaan percobaan penculikan itu tidaklah benar alias rekayasa.

Hal tersebut diungkap Kapolsek Lubeg, Kompol Harry Mariza Putra, S. Si, Selasa (31/1/2023).

 

Kompol Harry Mariza Putra melalui keterangan tertulis, menjelaskan pada hari Selasa, 31 Januari 2023 sekira pukul 11.30 WIB telah dilaksanakan giat penyelidikan anggota unit intelkam dan Reskrim Polsek Lubeg terkait adanya kejadian percobaan pencurian anak SD 14 Gurun Lawas, Lubeg, Padang. “Penyelidikan dilakukan langsung dengan melakukan intrograsi terhadap korban penculikan dan orang tuanya,” jelasnya.

 

Kompol Harry menyebutkan intrograsi dilakukan kepada inisial ZMR, perempuan usia 12 thn, pelajar kelas 5, SDN 14, Gurun Laweh Kecamatan Lubeg.

Baca Juga :  Kandang Ayam 2 Lantai Berisi 15.000 Ayam di Doro Pekalongan Terbakar

“Dari hasil intrograsi diperoleh informasi bahwa kejadian percobaan penculikan yang dialami ZMR pada hari Senin 30 Januari 2023 sekira pukul 07.20 WIB di dekat SDN 14 Gurun Lawas Padang adalah tidak benar,” sebutnya

 

“Kejadian percobaan penculikan tersebut merupakan rekayasa yang dibuat sendiri oleh ZMR,” ucap Kapolsek. Lebih lanjut dituturkan Kompol Harry, alasan rekayasa kasus penculikan tersebut, karena ZMR malas pergi ke sekolah. Penculikan tersebut dibuat untuk menjadi alasan dirinya untuk tidak masuk Sekolah.

 

“Tas dan sepatunya ZMR sengaja dibuangnya sendiri, dan setelah membuang tas dan sepatunya ke belakang rumah warga, selanjutnya ZMR berlari ke rumah neneknya yang tidak jauh dari lokasi, dan kepada neneknya diceritakan bahwa dirinya mengalami

percobaan penculikan,” tuturnya.

 

Mendengar pengakuan cucunya (ZMR, red), kemudian neneknya mengantarkan ZMR ke sekolah dan memberitahukan pihak sekolah bahwa cucunya (ZMR, red) telah mengalami percobaan penculikan.

Kemudian personil intelkam dan Reskrim Polsek Lubeg melakukan pengumpulan bahan keterangan terhadap orang tua korban inisial S (38).

Baca Juga :  Kunjungan Kerja dan Koordinasi Badan Kesbangpol Prov Sumbar ke Kecamatan Sikakap Mentawai

 

“Dari orang tuanya tersebut diperoleh Informasi bahwa kejadian percobaan penculikan terhadap anaknya (ZMR, red) yang terjadi pada Senin 30 Januari 2023 sekira pukul 07.20 WIB di sekitar SDN 14 Gurun Laweh Kota Padang adalah berita bohong,” ujar Kompol Harry.

Diterangkan juga, berita bohong terkait percobaan penculikan tersebut merupakan rekayasa yang dibuat oleh anaknya.

 

Alasan melakukan rekayasa percobaan penculikan adalah karena anaknya malas masuk sekolah pada hari itu sebab sudah terlambat sampai disekolah. Jadi cerita rekayasa percobaan penculikan tersebut dibuat anaknya untuk dijadikan alasan tidak masuk sekolah.

 

Mendapat Informasi bahwa kasus percobaan penculikan anak SD 14 Gurun Laweh tersebut merupakan rekayasa korban sendiri (ZMR, red), selanjutnya Kapolsek  memerintahkan personil Polsek Lubeg untuk membawa korban dan orang tuanya ke Polsek Lubeg untuk dilakukan intrograsi lebih lanjut.

“Setelah mengakui perbuatannya telah melakukan rekayasa percobaan penculikan tersebut, selanjutnya korban dan orang tuanya membuat surat pernyataan dan membuat video testimoni /pengakuan bahwa kasus percobaan penculikan yang dialaminya merupakan rekayasa korban sendiri,” pungkas Kompol Harry.

 

(Marlim)

 

Share :

Baca Juga

Agama

Miko Kamal Daftar ke Partai Demokrat

Agama

Peringatan Hari Penyiaran Nasional Berjalan Aman, Polres Bintan Turunkan Ratusan Personil Pengamanan.

Agama

Ketua Peradi Padang Miko Kamal, Tangkap Segera Pelaku Penculikan atau Pelaku Percobaan Penculikan

Budaya

Wakil Gubernur Audy Joinaldi Tutup Gelaran ‘Discover West Sumatera” 2023 Tania Bordir Stand Yang Paling Ramai Pengunjung

Internasional

Komandan Satgas INDO RDB XXXIX-E Dampingi Komandan Sektor Utara MONUSCO Resmikan Jembatan TSERE

Hukum

Kejaksaan Agung Periksa 3 Saksi Terkait Kasus Korupsi Impor Garam Industri

Agama

Pemerintah Tetapkan1 Zulhijah 1444 H Jatuh Pada Hari Senin 19 Juni 2023

Agama

Zulhendri Ismed, Sekretaris Umum PPSI Sumbar Maju Caleg DPRD Kota Padanga 2024