Home / News

Wednesday, 11 January 2023 - 21:16 WIB

Kadis Kebudayaan Sumbar : Keterlibatan Dinas Kebudayaan di IMLF Sangat Strategis

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Syaifullah bersama Kabid dan Ketua Satu Pena Sumbar Sastri Bakry serta Sekretaris Satu Pena Sumbar Armaidi Tanjung, foto bersama.

 

Padang, Sinyalnews.com,- Salah satu topik yang menjadi pembahasan dalam iven International Minangkabau Literacy Festival(IMLF) adalah tentang Literasi Budaya Minangkabau, Dalam Perspektif Sejarah, Sekarang dan Akan Datang  mendapat dukungan dari Syaifullah.

 

Terhadap topik tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Syaifullah, menyambut baik tema yang dibincang dalam IMLF, karena menyangkut Budaya Minangkabau.

 

“Literasi budaya Minangkabau seperti naskah kuno, manuskrip, sastra lisan, sejarah dan Seni, adalah hal yang penting kita kaji- kaji dan ketahui bersama agar anak muda kita menjadi melek literasi Minangkabau,”katanya, Rabu (11/1).

Baca Juga :  Kejagung Periksa Saksi Terkait Kasus Dugaan SKEBP

 

Syaifullah, juga menyerahkan buku- buku khas Minangkabau tentang kaba, sastra lisan dan nilai- nilai ABS SBK dalam pengamalannya.

 

Sementara itu, Ketua SatuPena Sumbar Sastri Bakry yang didampingi Sekretaris Satu Pena Sumbar Armaidi Tanjung, menuturkan, iven akbar IMLF  dihelat tanggal 22- 27 Februari 2023 di Padang, Panjang, Bukittinggi dan Agam.

 

Tak hanya itu, iven besar ini diikuti hampir 200 orang delegasi dari dalam dan  luar negeri. Lebih 12 negara dan puluhan Provinsi terlibat dalam iven besar ini.

Baca Juga :  Potensi Banjir Rob di Pesisir Pantai Indonesia. Ini Kata BMKG

 

 

” Semua tingkatan level pemerintahan dan organisasi, mulai dari pusat hingga paling penting dan mendasar yakni wali nagari dan Kapolsek kecamatan Baso kita ajak terlibat, karena ini adalah alek basamo” Ujarnya.

 

Disebutkan, keberhasilan acara ini bukan hanya kebanggaan Satu Pena dan Sumbar Talenta, tetapi juga kebanggaan pemkab Agam yang menjadi basecamp acara, pemda Sumbar bahkan bangsa Indonesia.

 

“Kami optimis alek ini akan berjalan lancar, mohon doa kita semua” Ucap Armaidi.

 

Share :

Baca Juga

Agama

Dodi Hendra : Saya Prihatin Dengan Kasus Yang Menimpa Wakil Ketua DPRD Kab Solok

News

Polres Batang Bersama Dinas Perhubungan dan Kodim 0736/Batang Siap Mengamankan Arus Mudik Lebaran 2023

Agama

Mahasiswa dan Aliansi Pemuda Pasaman Barat Sampaikan Aspirasi ke Kejati Sumbar

Agama

Gelar Reses, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen. Saya Akan Selalu Berjuang Untuk Kepentingan Rakyat

Budaya

Kecamatan Lembah Melintang Meriahkan HUT RI ke 78 dengan Lomba Gerak Jalan

Agama

Bus Pariwisata Rombongan Mahasiswa UNRI Terbalik di Silaing Padang Panjang

Daerah

Bawa Ganja 20 KG, Pria Asal Tanah Datar Diamankan Polisi  

Budaya

Tuanku Joni Martiyus Pesidium MW KAHMI Jabar : Tak Ada Kericuhan di Munas KAHMI Palu